: Tinjauan Penerapan Sanksi Administratif Terhadap Ketidakpatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Bagi Wajib Pajak Pada Kantor SAMSAT Kota Padang

Febrina, Fira (2021) : Tinjauan Penerapan Sanksi Administratif Terhadap Ketidakpatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Bagi Wajib Pajak Pada Kantor SAMSAT Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_FIRA_FEBRINA_18233035_4008_2021.pdf

Download (677kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sanksi administratif terhadap ketidakpatuhan membayar Pajak Kendaraan Bermotor pada kantor SAMSA T Kota Padang. Penelitian dilakukan di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kota Padang, JI. Asahan No. 2, Rimbo Kaluang, Kee. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif yang digunakan untuk memberikan gambaran secara sistematis tentang informasi ilmiah yang berasal dari subjek atau objek penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi dan wawancara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Dalam hal ini data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung di SAMSA T Kota Padang dan data sekunder yaitu berupa data target dan realisasi penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor dan data jumlah tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa setiap tahunnya terjadi peningkatan tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor di SAMSAT Kota Padang, dimana tunggakan ini akan dikenakan sanksi administratif Pajak Kendaraan Bermotor yang berlaku di SAMSA T Kota Padang yaitu 2% perbulan dengan maksimal 24 bulan dari jumlah pokok paj ak yang terutang. N amun dengan adanya sanksi administrasi tidak dapat mendorong wajib pajak Pajak Kendaraan Bermotor untuk membayar pajaknya tepat waktu yang disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu kurangnya kesadaran, kendaraan sudah tua, dan kesulitan ekonomi. Upaya yang dilakukan oleh SAMSA T Kota Padang untuk mengatasi penunggakan Pajak Kendaraan Bermotor agar meningkatkan penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor adalah dengan sosialisasi kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perdagangan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Feb 2022 04:18
Last Modified: 16 Feb 2022 04:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36953

Actions (login required)

View Item View Item