Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperatif Learning Tipe Picture And Picture Kelas IV SDN 32 Andalas Kota Padang.

Wulandari, Rahmiatul (2021) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperatif Learning Tipe Picture And Picture Kelas IV SDN 32 Andalas Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RAHMIATUL_WULANDARI_17129252_2758_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru dan peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran. Maka mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan penggunaan model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas IV yang berjumlah 28 orang pada semester Januari- Juni tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dari siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I persentase ketuntasannya rata-rata 90 % dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II 97,22 % dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran persentase untuk aspek guru pada siklus I rata- rata 82% dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II menjadi 97,22 % dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan peserta didik pada siklus I rata- rata 82% dengan kualifikasi baik dan meningkat menjadi 97,22 % dengan kualifkasi sangat baik. Hasil belajar pada penelitian untuk siklus I diperoleh rata- rata 73,5 lalu meningkat pada siklus II menjadi 88. Dengan demikian, berdasarkan data penelitian yang didapat dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada tema 8 di kelas IV SDN 32 Andalas Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Feb 2022 04:18
Last Modified: 16 Feb 2022 04:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36951

Actions (login required)

View Item View Item