Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas V SD N 02 Sariak Laweh Kabupaten Lima Puluh Kota.

Sari, Rahma Mulia (2021) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas V SD N 02 Sariak Laweh Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RAHMA_MULIA_SARI_17129398_2547_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan yang ditemukan di sekolah, yaitu model pembelajaran yang bervariasi yang belum maksimal digunakan, keaktifan peserta didik dalam belajar masih kurang dan rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran tematik terpadu dengan model koopertaif tipe Numbered Head Together. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 20 orang yang diantaranya 7 orang peserta didik laki-laki dan 13 orang peserta didik perempuan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Pada setiap siklus meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian siklus I RPP diperoleh skor 88,63% (B), siklus II diperoleh skor 97,72% (SB). Hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I diperoleh skor 87,5(B), siklus II meningkat menjadi 96,87% (SB) dan aspek peserta didik siklus I diperoleh skor 87,5% (B), siklus II meningkat menjadi 96,87% (SB). Hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh skor 67,97 (C), siklus II meningkat 87,15 (SB). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe (NHT) dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu peserta didik di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Feb 2022 03:03
Last Modified: 16 Feb 2022 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36950

Actions (login required)

View Item View Item