Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Team Quiz di Kelas VA SD N 03 Koto Kaciak Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam.

Annisa, Pebrina Nur (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Team Quiz di Kelas VA SD N 03 Koto Kaciak Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_PEBRINA_NUR_ANNISA_17129246_2546_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses belajar siswa yang rendah dikarenakan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran dan RPP yang dibuat guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses belajar tematik terpadu dengan menggunakan model pembelajaran Team Quiz. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA SD N 03 Koto kaciak yang berjumlah 24 orang diantaranya 15 orang perempuan dan 9 orang laki-laki. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: 1) perencanaan pembelajaran: yaitu rata-rata perolehan siklus I adalah 88, 88% (baik) dan meningkat pada siklus II 94,44% (Sangat Baik). 2) pelaksanaan pembelajaran, rata-rata perolehan siklus 1 adalah 89,77% (Baik) dan meningkat pada siklus II 97,72% (Sangat Baik), serta hasil penilaian aspek peserta didik rata-rata perolehan siklus 1 adalah 86,36% (baik) dan meningkat pada siklus II 95,45% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Feb 2022 03:03
Last Modified: 16 Feb 2022 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36948

Actions (login required)

View Item View Item