Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 12 Ulakan Tapakis.

Apriyani, Nurrohmah (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 12 Ulakan Tapakis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NURROHMAH_APRIYANI_17129161_2701_2701_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum terlaksananya secara maksimal proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 12 Ulakan Tapakis. Terlihat dari guru yang masih mendominasi selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan metode ceramah saat menjelaskan materi pembelajaran. Hal ini berakibat pada peserta didik yang hanya mendengar saja saat pembelajaran berlangsung, peserta didik yang kurang aktif serta saat pembelajaran berkelompok peserta didik kurang bekerjasama antar anggota kelompoknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian didahului dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes.penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Ajaran 2020/2021. Pelaksanaannya dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SD Negeri 12 Ulakan Tapakis dengan jumlah 18 orang peserta didik. Hasil penelitian siklus I pertemuan I penilaian RPP nilai 75% (cukup), pada pertemuan II menjadi 82% (baik), dan siklus II menjadi 89%(sangat baik). Aktivitas guru memperoleh nilai 72%(cukup) pada siklus I pertemuan I, 81% (baik) pada siklus I pertemuan II, dan 94% (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas peserta didik memperoleh nilai 72% (cukup) pada siklus I pertemuan I, 81% (baik) pada siklus I pertemuan II, dan 94% (sangat baik) pada siklus II. Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I pertemuan I diperoleh persentase rata-rata ketuntasan 56%, pada siklus I pertemuan II menjadi 72%, dan pada siklus II 89%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DISCOVERY LEARNING, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Feb 2022 01:52
Last Modified: 16 Feb 2022 01:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36944

Actions (login required)

View Item View Item