Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik pada tema 1 Menggunakan Model Cooperative tipe Talking Stick di Kelas V SD Negeri 02 Lubuak Alai Kabupaten 50 Kota.

Karyati, Novia Lasema (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik pada tema 1 Menggunakan Model Cooperative tipe Talking Stick di Kelas V SD Negeri 02 Lubuak Alai Kabupaten 50 Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NOVIA_LASEMA_KARYATI_16129369_305_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dikarenakan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, peserta didik tidak aktif dalam proses pembelajaran dan RPP yang dibuat guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Pembelajaran Cooperatif tipe Talking Stick. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Sekolah Dasar yang berjumlah 16 orang peserta didik terdiri dari 9 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian perecanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: 1) Perencanaan pebelajaran, yaitu siklus 1 dengan rata-rata 76,38 % (C) dan siklus II dengan rata-rata 91,66% (A). 2)Pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari aspek guru dimana siklus I dengan rata-rata 83,32 % (B) meningkat pada siklus II dengan rata-rata 97,22% (SB). Serta pada aspek peserta didik dimana siklus I dengan rata-rata 80, 55% (B). meningkat pada siklus II dengan rata-rata 94,44 % (SB). 3) Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 76,35 (C) meningkat pada siklus II dengan rata-rata 90,30 (SB). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:42
Last Modified: 15 Feb 2022 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36943

Actions (login required)

View Item View Item