Kebijakan Pemerintah di Bidang Pendidikan (Sekolah Inpres) Pada Masa Orde Baru: Studi Kasus di Kecamatan Lubuk Basung 1979-1994

Putra, Razet Eka (2021) Kebijakan Pemerintah di Bidang Pendidikan (Sekolah Inpres) Pada Masa Orde Baru: Studi Kasus di Kecamatan Lubuk Basung 1979-1994. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_RAZET_EKA_PUTRA_16046089_2393_2021.pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Bagaimana Kebijakan Pemerintah di Bidang Pendidikan Khususnya Sekolah Inpres Pada Masa Orde Baru di Kecamatan Lubuk Basung tahun 1979-1994. Permasalahan yang penulis angkat adalah tentang bagaimana latar belakang munculnya Sekolah Inpres di Kecamatan Lubuk Basung dan bagaimana dampak pembangunan Sekolah Inpres terhadap masyarakat di Kecamatan Lubuk Basung. Penelitian ini mengunakan metode penelitian sejarah, yaitu melalui 4 tahap yang meliputi, pertama yaitu heuristic, kritik sumber, interpretasi dan histiografi. Heuristik adalah teknik pengumpulan data baik itu tertulis dan lisan. Sumber tertulis didapatkan dari studi pustaka yang penulis lakukan di Dinas Pendidikan Kabupaten Agam, Badan Pusat Statistik Kabupaten Agam, Sekolah Dasar Negeri 16 Kampung Parit, Sekolah Dasar Negeri 11 Pudung, Sekolah Dasar Negeri 56 Sikabu, Sekolah Dasar Negeri 49 Batu Hampar, Perpustakaan Pusat UNP, Perpustakaan FIS UNP, dan perpustakaan Labor Sejarah UNP. Sumber lisan, penulis dapatkan melalui wawancara dengan alumni SD Inpres, Penjaga Sekolah, serta Kepala Sekolah. Kritik sumber, yang terdiri dari kritik ekstemal dan kritik internal yang digunakan untuk menguji keaslian dan kebenaran sumber. Interpretasi adalah menganalisis dan menghubungkan fakta-fakta yang ditemukan melalui kritik sumbe. Histiografi adalah penulisan hasil pengolahan data menjadi tulisan sejarah atau skripsi. Hasil penelitian yang penulis dapatkan adalah bahwa dengan tingginya angka kelahiran sehingga pertumbuhan menjadi meningkat serta masih tingginya angka buta huruf di Kecamatan Lubuk Basung hal inilah yang menyebabkan dibangunnya Sekolah Inpres untuk menampung siswa-siswa yang tidak bisa sekolah. Sekolah Inpres dibangun tahun 1979 di Pudung, 1982 di BatuKambing, 1982 di Sikabu, 1982 di Batu Hampar. Dengan dibangunnya Sekolah Inpres ini juga memberikan dampak ke jenjang pendidikan SMP dan SMA dimana diadakannya penambahan pembangunan gedung sekolah SMP dan SMA. Namun diakhir tahun 1991 an jumlah murid makin berkurang dikarenakan adanya program KB. Kemudian ditahun 1994 semua Sekolah lnpres di Kecamatan Lubuk Basung berganti nama menjadi Sekolah Dasar Negeri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:37
Last Modified: 15 Feb 2022 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36939

Actions (login required)

View Item View Item