Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together di kelas V SDN 14 Laban Pesisir Selatan.

Oktavia, Nia Rahmi (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together di kelas V SDN 14 Laban Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NIA_RAHMI_OKTAVIA_17129379_2591_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 14 Laban Pesisir Selatan. Hal ini dikarenakan guru belum mampu mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Kooperatif tipe Numbered Heads Together di kelas V SDN 14 Laban Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masingmasing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil pengamatan perencanaan pelaksanaan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together Subjek penelitian adalah Guru sebagai observer, peneliti sebagai praktisi dan siswa di kelas V SDN 14 Laban Pesisir Selatan yang berjumlah 11 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 81,94% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 94,44% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, nilai rata-rata untuk aspek guru pada siklus I adalah 83,92% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 96,42% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan aspek siswa pada siklus I, nilai rata-rata 83,92% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 92,85% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus I nilai rataratanya 72,2 meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,5. Dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN Laban Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:37
Last Modified: 15 Feb 2022 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36937

Actions (login required)

View Item View Item