Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Konteks Cerita pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar untuk Kelas IV Sekolah Dasar.

Saputri, Nadila Mega (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Konteks Cerita pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NADILA_MEGA_SAPUTRI_17129374_2542_2021.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitan ini dilatarbelakangi belum adanya bahan ajar yang dikembangkan sendiri oleh guru dan dalam proses pembelajaran hanya menggunakan bahan ajar cetak berupa buku paket pegangan guru dan buku pendukung pembelajaran yang dimiliki setiap peseta didik. Dalam buku yang dimiliki peserta didik tidak terdapat kompetensi dan tujuan pembelajaran, serta buku ini belum dapat membantu peserta didik untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk konteks cerita pada materi keliling dan luas bangun datar untuk kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian Research & Development. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Produk diuji kevalidannya oleh ahli meteri, ahli kebahasaan, dan ahli penyajian serta kegrafikan. Produk yang dikembangkan diuji cobakan di kelas IV A SDN 13 Parit Putus. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan lembar validasi, angket respon guru, dan angket respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini diperoleh sebuah bahan ajar berbentuk konteks cerita pada materi keliling dan luas bangun datar untuk kelas IV Sekolah Dasar. Hasil uji validitas bahan ajar secara keseluruhan oleh tiga orang validator memperoleh nilai rata-rata 88,98% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas bahan ajar oleh guru dan peserta didik masing-masing diperoleh nilai 94% dengan kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR, MODEL PEMBELAJARAN, MEDIA PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:37
Last Modified: 15 Feb 2022 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36936

Actions (login required)

View Item View Item