Persepsi Mahasiswa Terhadap Strategi Pengorganisaian Materi Kuliah dalam Sistem Daring Melalui E-Learning (Studi Kasus Jurusan Sejarah FIS UNP)

Juwita, Ratna (2021) Persepsi Mahasiswa Terhadap Strategi Pengorganisaian Materi Kuliah dalam Sistem Daring Melalui E-Learning (Studi Kasus Jurusan Sejarah FIS UNP). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_RATNA_JUWITA_17046080_2604_2021.pdf

Download (721kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakang oleh adanya mahasiswa yang mengalami permasalahan terhadap penguasaan materi kuliah yang diberikan dosen melalui E­ Leaming. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap strategi pengorganisasian materi kuliah dalam sistem daring melalui E­Leaming oleh dosen dijurusan sejarah FIS UNP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 3 2 item pertanyaan yang meliputi variabel definisi, pertimbangan, sistematika, alokasi, pemilihan, serta penerapan dalam pengorganisasian materi kuliah. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 478 mahasiswa. Teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah responden 82 mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan analisis data yang didapat, ditemukan bahwa persepsi mahasiswa terhadap sub varibel definisi, pertimbangan, sistematika, pemilihan, penerapan dalam pengorganisasian materi kuliah dikategorikan positif dengan jumlah persentase positif 63,18% dan negatif36,82%, dapat dikatakan mahasiswa jurusan sejarah sudah merasa puas dengan strategi pengorganisasian materi kuliah dalam sistem daring melalui E­Leaming di jurusan sejarah FIS UNP. Berdasarkan indikator dari strategi pengorganisasian materi kuliah masih ada mahasiswa menyatakan negatif, maka diperlukan wawancara kepada beberapa mahasiswa untuk temuan yang menyatakan mahasiswa yang belum puas dengan pengorganisasian materi kuliah di E­Leaming. Berdasarkan uraian diatas secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap strategi pengorganisasian materi kuliah dalam sistem daring melalui E­Leaming di jurusan Sejarah FIS UNP di persepsikan oleh mahasiswa sudah positif, tetapi perlu adanya peningkatan lagi dalam mengorganisasikannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 Feb 2022 03:46
Last Modified: 15 Feb 2022 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36933

Actions (login required)

View Item View Item