Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV SD.

Purnama, Mifta (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MIFTA_PURNAMA_17129058_2594_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu aspek kehidupan yang sangat mendasar dan memiliki peran penting bagi pembangunan bangsa dan negara. Penggunaan teknologi menjadi keharusan dalam proses pembelajaran saat ini. Penelitian ini bermula ketika kesejangan kondisi yang peneliti temukan dilapangan, bahwa guru masih menggunakan media pembelajaran yang bersifat sederhana dan belum melakukan pengembangan media pembelajaran tematik terpadu dengan menfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada tema daerah tempat tinggalku subtema keunikan daerah tempat tinggalku di kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian Research & Development. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang dikemukakan oleh Thiagaran (dalam trianto, 2011). Prosedur model penelitian pengembangan 4-D ini terdiri dari empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Media yang dirancang divalidasi oleh validator kemudian diujicobakan di kelas IV SDN 177 Pekanbaru untuk mengetahui praktikalitas dan efektifitas media pembelajaran yang dikembangkan. Selanjutnya media pembelajaran disebarkan ke SDN 24 Sungai Cubadak Kota Bukittinggi, guna untuk memperkenalkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ke sekolah lain. Hasil penelitian diperoleh media pembelajaran yang memiliki tingkat validitas dengan nilai rata-rata 93,17% dan kategori sangat valid, tingkat pratikalitas guru 96,99% kategori sangat praktis, pratikalitas siswa 93,80% kategori sangat praktis dan memiliki efektivitas dengan rata-rata 85,71%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MULTIMEDIA INTERAKTIF, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:37
Last Modified: 15 Feb 2022 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36927

Actions (login required)

View Item View Item