Hubungan Regulasi Diri (Self-Regulated) terhadap Hasil Prestasi Belajar Gambar Teknik Siswa di SMK Negeri 2 Pekanbaru

Firdaus, Firdaus (2021) Hubungan Regulasi Diri (Self-Regulated) terhadap Hasil Prestasi Belajar Gambar Teknik Siswa di SMK Negeri 2 Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_FIRDAUS_17067072_3699_2021.pdf

Download (381kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Ujian Tengah Semester mata pelajaran gambar teknik siswa tergolong rendah, tugas yang diberikan oleh guru tergolong sedikit yang mengerjakannya, dan siswa mempunyai regulasi diri dalam belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara regulasi diri dalam belajar (self-regulated learning) siswa terhadap hasil prestasi belajar gambar teknik siswa di SMK Negeri 2 Pekanbaru, serta aspek regulasi diri mana yang paling memiliki hubungan terhadap hasil prestasi belajar siswa. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa X MP 1 dan X MP 2 yang berjumlah 76 siswa. Sedangkan sampel yang diambil menggunakan teknik total sampling yaitu sebanyak 76 siswa. Teknik Pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data digunakan dan rumus Product Moment sebagai uji hipotesis. Sedangkan untuk melihat aspek regulasi yang paling berhubungan memakai rumus korelasi Product Moment bantuan SPSS for Windows versi 26,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) terdapat hubungan regulasi diri (self-regulated) siswa cukup kuat dengan sebesar 0,5 untuk N=76 dengan taraf kepercayaan 95%. Hal ini menyebabkan ditolak dan diterima; dan b) Aspek regulasi diri (self-regulated) siswa yang paling memiliki hubungan terhadap hasil prestasi belajar adalah mengatur diri dengan sebesar 0.403.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL PRESTASI BELAJAR
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:52
Last Modified: 15 Feb 2022 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36915

Actions (login required)

View Item View Item