Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkat Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 05 Lunang.

Febrianti, Mela (2021) Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkat Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 05 Lunang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MELA_FEBRIANTI_17129151_2391_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukan kurangnya keterlibatan peserta didik dalam pembalajaran tematik terpadu karena guru belum menggunakan model yang inovatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkat Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan pelaksanaan proses pembelajaran dengan model Discovery Learningdan hasil tindakan setelah proses pembelajaran berlangsung. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Satu siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 20 orang peserta didik kelas IV SDN 05 Lunang dengan metodeceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan serta dengan teknik penilaian tes dan non tes. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Penilaian RPP mengalami peningkatan dengan persentase 80,55% (B) saat pembelajaran siklus I pertemuan 1 meningkat dengan persentase 83,3% (B) di pertemuan dua dan lebih meningkat pada siklus dua menjadi 91,67% (SB). 2) pengamatan aktivitas guru meningkat yaitu dengan persentase 81% (B) di siklus I meningkat 96,80% siklus II. 3) pengamatan Aktivitas peserta didik meningkat dari 81% (B) di siklus I meningkat dengan persentase 96.8% (SB) di sikus II. Sedangkan hasil belajar peserta didik siklus I dengan nilai akhir 76 meningkat pada siklus II menjadi 88,5. Dapat disimpulkan bahwa pada penelitian dengan menerapkan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL DISCOVERY LEARNING, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Feb 2022 08:29
Last Modified: 14 Feb 2022 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36914

Actions (login required)

View Item View Item