Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) di Kelas IV SDN 019 Sungai Jernih Kerinci.

Sari, Krisya Yunika (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) di Kelas IV SDN 019 Sungai Jernih Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_KRISYA_YUNIKA_SARI_16129053_453_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, dimana peserta didik kurang aktif dan tampak tidak bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena guru masih cenderung menggunakan pembelajaran yang berorientasi kepada guru saat menjelaskan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran tematik terpadu belum sesuai dengan harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model Number Head Together untuk meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 019 Sungai Jernih. Kerinci Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas IV SDN 019 Sungai Jernih Kerinci sebanyak 18 orang. Hasil penelitian menunjukkan : a) RPP siklus I pada pertemuan I memperoleh nilai persentase rata-rata 75% dengan kualifikasi cukup,dan pada siklus I pertemuan II memperoleh persentase 78,57%. meningkat pada siklus II menjadi 85,71% dengan kualifikasi baik. b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I pertemuan I memperoleh nilai persentase 75% dan pada siklus I pertemuan II memperoleh persentase 81,25% meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan kualifikasi sangat baik (SB).c) pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I pertemuan I memperoleh persentase 75% dan pada siklus I pertemuan II memperoleh persentase 81,25% meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan kualifikasi sangat baik (SB). d) hasil belajar peserta didik siklus I pertemuan I memperoleh nilai rata rata 62,58 dengan kualifikasi kurang (D) dan siklus I pertemuan II memperoleh nilai rata rata 73,11 dengan kualifikasi cukup (C-). Meningkat pada siklus II menjadi 84,37 dengan kualifikasi sangat baik (SB). dengan demikian model number head together dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 019 Sungai Jernih Kerinci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Feb 2022 07:31
Last Modified: 14 Feb 2022 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36905

Actions (login required)

View Item View Item