Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Lectora Inspire pada Kecepatan dan Debit terhadap Hasil Belajar di Kelas V SDN 16 Guguak Tinggi.

Rhamadhani, Ilzha (2021) Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Lectora Inspire pada Kecepatan dan Debit terhadap Hasil Belajar di Kelas V SDN 16 Guguak Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ILZHA_RHAMADHANI_16129257_108_2021.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena ditemukan permasalahan pembelajaran matematika pada materi kecepatan dan debit yang membuat peserta didik merasa bosan dan kurang semangat dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik belum sesuai harapan. Serta kurangnya pemanfaatan fasilitas yang tersedia untuk proses pembelajaran, seperti adanya labor computer tetapi jarang digunakan untuk proses pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lkpd berbasis lectora inspire pada kecepatan dan debit terhadap hasil belajar di kelas V SDN 16 Guguak Tinggi pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penelitian dilakukan pada materi kecepatan dan debit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain penelitian “pre-experimental designs” (nondesigns). Pengambilan data sampel dilakukan dengan teknik Nonprobability Sampling dan jenis sampling total. Jumlah populasi sebanyak 28 orang, dengan sampel penelitian ini berjumlah 28 orang. Perlakuan yang peneliti lakukan pada kelompok eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang terjadi terhadap hasil belajar peserta didik menggunakan lkpd berbasis lectora inspire. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes objektif dengan bentuk pilihan ganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh dimana thitung > ttabel yaitu 12,755 > 2,048 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga Ha diterima. Rata – rata hasil belajar peserta didik yang diperoleh menunjukkan posttest lebih tinggi dari pretest yaitu dari 53,75 menjadi 83,04. Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan lkpd berbasis lectora inspire kecepatan dan debit terhadap hasil belajar kelas V SDN 16 Guguak Tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PESERTA DIDIK, HASIL BELAJAR, PEMBELAJRAN MATEMATIKA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Feb 2022 07:30
Last Modified: 14 Feb 2022 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36900

Actions (login required)

View Item View Item