Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Bangun Datar di Kelas IV SDN Gugus II Koto Salak Dharmasraya.

Millah, Halwatul (2021) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Bangun Datar di Kelas IV SDN Gugus II Koto Salak Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_HALWATUL_MILLAH_17129033_2707_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang kurang maksimal pada pembelajaran matematika yang disebabkan karena dalam pelaksanaannya guru belum maksimal menggunakan pendekatan pembelajaran yang inovatif yang sesuai dengan materi dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik terhadap hasil belajar bangun datar di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen design (eksperimen semu). dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas IV SDN Gugus II Koto Salak Dharmasraya. Setelah diacak sampel dalam penelitian ini yaitu SDN 02 Koto Salak, dimana kelas IV A sebagai kelas eksperimen (23 orang) dan kelas IV B sebagai kelas kontrol (23 orang). Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan statistik uji t yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dengan taraf signifikan 5% (derajat kepercayaan = 0,95). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap hasil belajar bangun datar di kelas IV SDN 02 Koto Salak. Hal ini dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,4604 > 2,015. Hasil belajar matematika pada materi bangun datar yang diperoleh kelompok eksperimen yang menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik memiliki nilai rata-rata sebesar 82,35 sedangkan kelompok kontrol menerapkan pendekatan saintifik memperoleh nilai rata-rata sebesar 66,65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Feb 2022 02:59
Last Modified: 14 Feb 2022 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36893

Actions (login required)

View Item View Item