Pengembangan Bahan Ajar Handout Cetak Berbasis Gambar Untuk Melatih Kemampuan Berfikir Kronologis Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di SMA 2 Koto XI Tarusan

Suryani, Maydia (2021) Pengembangan Bahan Ajar Handout Cetak Berbasis Gambar Untuk Melatih Kemampuan Berfikir Kronologis Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di SMA 2 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_MAYDIA_SURYANI_16046020_5768_2021.pdf

Download (692kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum tersedianya bahan ajar pembelajaran yang dapat menekankan pada aspek berfikir kronologis siswa. Bahan ajar yang biasa dipakai siswa adalah buku cetak dan LKS. Guru hanya menggunakan buku cetak dan LKS tanpa adanya handout atau buku penunjang lain sebagai pegangan siswa.Berdasarkan observasi yang dilakukan, siswa masih kurang dalam kemampuan berfikir kronologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan bahan ajar handout cetak berbasis gambar dalam pembelajaran sejarah untuk melatih kemampuan berfikir kronologis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (research and development), dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE.(Analyze, Design, Development, Implementatio, Evaluation). Namun dalam penelitian ini prosedur penelitian dilakukan hanya sampai pada tahap Pengembangan (Development). Pada penelitian ini dilakukan uji kelayakan berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli bahan ajar pembelajaran sejarah Indonesia, sedangkan uji praktikalitas hanya dilakukan kepada 2 orang guru sejarah dengan menggunakan angket untuk menilai kelayakan dan kepraktisan bahan ajar handout cetak berbasis gambar sejarah di SMA. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kelayakan bahan ajar berdasarkan penilaian dari ahli materi sebesar 3,40 dan penilaian dari ahli bahan ajar sebesar 3,43 hal ini menunjukan bahwa ini menunjukan bahwa bahan ajar handout cetak berbasisgambar dalam pembelajaran sejarah di SMA sangat layak untuk digunakan. Sedangkan untuk uji praktikalitas oleh guru sejarah diperoleh rata-rata penilian sebesar 3,1 dan 3,4 yang menunjukan bahwa bahan ajar handout cetak berbasis gambar sebagai bahan ajar pembelajaran sejarah di SMA sangat praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Feb 2022 01:39
Last Modified: 14 Feb 2022 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36876

Actions (login required)

View Item View Item