Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Leaming Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Menganalisis dalam Pembelajarn Indonesia Siswa Kelas XI SMAN 7 Kerinci

Karlina, Leni (2021) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Leaming Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Menganalisis dalam Pembelajarn Indonesia Siswa Kelas XI SMAN 7 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_LENI_KARLINA_ 17046049_4539_2021.pdf

Download (765kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan menganalisis siswa terhadap materi sejarah indonesia khusus pada pemahaman materi C4 yakni menganalisis. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan cara menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh model cooperative learning tipe jigsaw. Terhadap kemampuan menganalisis siswa dalam pembelajaran sejarah Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif tipe quasy eksperimen. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan cara pretest dan posttest dengan menggunakan 40 butir soal objektif. Nilai rata-rata hasil pretest XI IPS 3 adalah 11,31 sedangkan kelas XI IPS 4 11,3 8. Nilai rata-rata posttest kelas XI IPS 3 adalah 15,50 sedangkan kelas XI IPS 4 adalah 12,06. Selanjutnya data dianalisis kualitatif dengan uji t berbantuan program SPSS versi 23. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 15,50 dan kelas pembanding 12,06 Setelah dilakukan analisis terdapat pengaruh dari penggunaan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.029 < (lebih kecil) dari 0.05, berarti H1 diterima dan Ho ditolak. terdapat pengaruh model kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan menanalisis siswa dalam pembelajaran sejarah di SMAN 7 kerinci, Pengaruh ini diyakini karena model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memiliki kemampuan untuk melatih kemampuan menganalisis siswa karena model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab peserta didik terhadap pembelajarannya sendiri dan orang lain dan harus bekerja sama secara kelompok untuk mempelajari materi yang ditugaskan. Dengan demikian, peserta didik saling tergantung satu dengan yang lain. Hal ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengolah informasi sehingga memicu untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis dan analitis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Feb 2022 07:20
Last Modified: 11 Feb 2022 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36872

Actions (login required)

View Item View Item