Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Reaslistik Indonesia terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV Sekolah Dasar.

Moningsi, Gustina Surma (2021) Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Reaslistik Indonesia terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_GUSTINA_SURMA_MONINGSI_17129212_2710_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh anggapan matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang sulit. Efek negatif dari hal tersebut adalah banyaknya siswa yang merasa takut pada mata pelajaran matematika sebelum mereka benar-benar mempelajari matematika. Berbagai faktor penyebab dari hasil belajar siswa rendah, antara lain pembelajaran matematika yang disampaikan tidak secara menyenangkan , dan kurangnya literasi matematika. Inovasi yang dapat membantu dalam mengatasi permasalahan di atas adalah dengan mengembangkan buku ajar interaktif menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Buku ajar menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia ini memuat penanaman konsep materi yang akan mengkonstruksikan pengetahuan dan mengaktifkan kreativitas siswa dalam menemukan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar matematika menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar, yang digunakan dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D. Proses penelitian 4-D ini terdiri dari empat tahapan pengembangan, yaitu : pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Buku ajar yang dirancang divalidasi oleh validator. Kemudian diuji cobakan di kelas IV A SDN 05 Perawang Kab.Siak, Riau untuk mengetahui praktikalitas buku ajar yang dikembangkan. Hasil penelitian dari buku ajar menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat validitas awal buku ajar dengan jumlah rata-rata keseluruhan nilai 67,33 dalam kategori valid. Selanjutnya, dilakukan revisi buku ajar berdasarkan saran-saran validator dengan jumlah rata-rata keseluruhan nilai 72,66 dalam kategori valid. Hasil tingkat praktikalitas dinyatakan sangat praktis, hal ini terlihat dari hasil respon guru dan hasil respon peserta didik dengan skor 96,42 % dan 92,26 %. Hasil tahap penyebaran dengan skor 90,42%. Dengan demikian , buku ajar matematika menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar dinyatakan valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, BUKU AJAR, PENDEKATAN PENDIDIKAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Feb 2022 07:20
Last Modified: 11 Feb 2022 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36870

Actions (login required)

View Item View Item