Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Di Kelas IV SDN 48 Payakumbuh.

Safitri, Geni (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Di Kelas IV SDN 48 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_GENI_SAFITRI_17129140_2357_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, hal ini terlihat pada guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memecahkan masalah nyata yang ada disekitarnya dan guru belum mengembangkan model pembelajaran yang bervariasi yang mengakibatkan peserta didik kurang berminat mengindentifikasi masalah dan kurangnya keberanian peserta didik untuk mengemukakan pendapat, sehingga hasil belajar peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Two Stay Two Stray Di Kelas IV SDN 48 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Data dari penelitian diperoleh dari penelitian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Proses Pelaksanaan, dan Hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 48 Payakumbuh. Hasil penelitian menunjukkan: penilaian RPP siklus I yaitu 83,33% (baik) dan siklus II 94,44% (sangat baik). Penilaian aktivitas guru siklus I yaitu 82,81% (baik) dan siklus II 96,87% (sangat baik). Penilaian aktivitas peserta didik yaitu 82,81% (baik) dan siklus II 93,75% (sangat baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 78,35 (cukup) dan meningkat pada siklus II yaitu diperoleh rata-rata 84,94 (baik). Dapat disimpulkan bahwa model two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 48 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJRAN KOOPERATIF
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Feb 2022 07:20
Last Modified: 11 Feb 2022 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36867

Actions (login required)

View Item View Item