Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Autorun Pro Enterprise II Versi 6.0 pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII SMP.

Farqi, Ahlul (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Autorun Pro Enterprise II Versi 6.0 pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_AHLUL_FARQI_16004085_2060_2022.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam proses belajar yang dihadapi oleh guru mata pelajaran IPA kelas VII pada SMP Negeri 34 Padang. Kurangnya variasi guru dalam menyampaikan materi IPA dalam proses belajar mengajar, maka siswa kurang mengerti dengan pembelajaran IPA, dimana siswa hanya bergantung pada media cetak yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS) dan juga keterbatasan waktu dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan aplikasi Autorun Pro Enterprise II Versi 6.0pada IPA kelas VII SMP yang valid. Media interaktif yang disajikan Autorun Pro Enterprise II Versi 6.0 yaitu gambar, tulisan, dan lain- lain dengan efek tiga dimensi, sehingga membuat Autorun Pro Enterprise II Versi 6.0 dalammenyajikan materi pembelajaran lebih interaktif dan membuat guru mudah berinteraktif dibanding media cetak yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model 4D yaitu define,design, development, dan disseminate. Uji praktikalitas dilakukan terhadap 15 orang siswa Sekolah Menengah Pertama 34 Padang untuk menguji kelayakan produk multimedia berbasis Autorun Pro Enterprise II Versi 6.0.Tahap disseminate terdiri dari pembuatan dan penyerahan media interaktif ke sekolah. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan oleh validator media dan validator materi, hasil penilaian oleh dua orang validator media memperoleh hasil 99,2% dan 98,4% dengan kriteria penilaian sangat baik atau sangat layak . Hasil validasi penilaian oleh validator materi memperoleh hasil 93,33% dengan kriteria penilaian sangat baik atau sangat layak. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji coba untuk praktikalitas produk multimedia berbasis Autorun Pro Enterprise II Versi 6.0 berada pada kriteria sangat baik dengan hasil uji coba terhadap siswa adalah 90,27%. Berdasarkan hasil uji validitas dan uji praktikalitas dapat disimpulkan bahwa produk multimedia berbasis Autorun Pro Enterprise II Versi 6.0pada mata pelajaran IPA dikelas VIII SMP layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF, APLIKASI AUTORUN PRO ENTERPRISE, ILMU PENGETAHUAN ALAM
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:37
Last Modified: 17 Jun 2022 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36866

Actions (login required)

View Item View Item