Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Autis di SLB N 01 Padang.

Anjani, Reyka Ratu (2022) Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Autis di SLB N 01 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_REYKA_RATU_ANJANI_15003177_1173_2022.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari seorang siswa Autis yang bersekolah di SLB N01 Padang. Siswa autis tersebut memiliki kemampuan interaksi sosial yang bagus, terkenal mampu bersosialisasi dengan baik ketika disekolah serta memiliki banyak teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan bentuk bimbingan yang diberikan orang tua kepada siswa autis dalam lingkungan keluarga, bagaimana bentuk pola asuh orang tua kepada siswa autis dalam lingkungan masyarakat disekitar rumahnya, bagaimana bentuk pola asuh orang tua kepada siswa autis dalam lingkungan sekolah, dan dampak pola asuh orang tua terhadap interaksi sosial siswa autis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan keadaan yang terjadi sebagaimana adanya saat penelitian dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Responden penelitian ini yaitu orang tua anak tunagrahita, siswa autis, masyarakat, dan guru kelas. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua Arsya sangat baik dan memang terbuka, selalu mengawasi setiap aktivitas Arsya dengan memberikan waktu yang banyak bersama Arsya, orang tua juga membiasakan dengan berkomunikasi agar Arsya mampu berinteraksi sosial dengan baik. Arsya mampubersosialisasi dilingkungan masyarakat dengan merespon ketika ditanya serta mampu berbaur dengan anak-anak disekitar rumahnya. Di sekolah Arsya memiliki teman tidak pernah menyendiri dan mampu bersosialisasi baik dengan guru maupun dengan siswa lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: POLA ASUH, INTERAKSI SOCIAL, AUTIS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:34
Last Modified: 17 Jun 2022 07:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36862

Actions (login required)

View Item View Item