Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu Peserta Didik Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournaments di Kelas V SDN 04 Sungai Talang Kabupaten Lima Puluh Kota.

Rahmadani, Frisca (2021) Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu Peserta Didik Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournaments di Kelas V SDN 04 Sungai Talang Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_FRISCA_RAHMADANI_17129211_2600_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Hasil pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar (SD) saat ini belum memuaskan karena tidak terlaksana sesuai dengan tuntutan pembelajaran tematik terpadu, untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournaments (TGT) dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model TGT dalam pembelajaran tematik terpadu. manfaat dari penelitian ini ialah untuk memberikan inovasi model pembelajaran TGT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini diawali dengan perencanaan, pelaksanaan pengamatan, dan refleksi. Teknik pengaumpulan data berupa observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 04 Sungai Talang Kabupaten Lima Puluh Kota sebanyak 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I memperoleh rata-rata 83,33% (B), siklus II 94,44% (SB); b) pelaksanaan pada aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata 78,57% (C) dan siklus II 92,85% (SB); c) pelaksanaan pada aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 78,57% (C) dan siklus II 92,85% (SB); d) hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 70,15 (C) dan siklus II 87,25 (B). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 04 Sungai Talang Kabupaten Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Feb 2022 07:20
Last Modified: 11 Feb 2022 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36860

Actions (login required)

View Item View Item