Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Tipe Make A Match di Kelas V SDN 22 Magek Kabupaten Agam.

Fadilah, Filza Gaisani (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Tipe Make A Match di Kelas V SDN 22 Magek Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_FILZA_GAISANI_FADILAH_17129026_2803_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dikarenakan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, siswa kurang berinteraksi antar sesama selama proses pembelajaran dan RPP yang dibuat guru belum mengembangkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Sekolah Dasar yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: 1) Perencanaan pembelajaran, yaitu siklus 1 dengan rata-rata 81,94 % (B) dan siklus II dengan rata-rata 91,66% (SB). 2)Pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari aktivitas guru dimana siklus I dengan rata-rata 84,38% (B) dan siklus II dengan rata-rata 96,87% (SB) serta aktivitas siswa dimana siklus I dengan rata-rata 78,13% (C) dan siklus II dengan rata-rata 93,75% (SB). 3) Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 78,02% dan siklus II dengan rata-rata 87,64%.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Feb 2022 07:19
Last Modified: 11 Feb 2022 07:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36849

Actions (login required)

View Item View Item