Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Tematik Terpadu dengan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN 11 Cubadak Air Utara Kota Pariaman.

Tanjung, Febriani (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Tematik Terpadu dengan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN 11 Cubadak Air Utara Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_FEBRIANI_TANJUNG_17129025_2305_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik masih rendah, disebabkan dalam kegiatan pembelajaran masih terpusat pada guru, guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervarisi, sehinga pada saat kegiatan pembelajaran peserta didik terlihat kurang semangat, kurang merespon saat guru memaparkan materi pembelajaran dan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar peserta didik pada tematik terpadu dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas IV SDN 11 Cubadak Air Utara Kota Pariaman. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 11 Cubadak Air Utara dengan subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus yaitu siklus I terdiri dari II pertemuan dan siklus II terdiri dari I pertemuan. Meliputi empat tahapan, diantaranya: a) Perencanaan, b) Pelaksanaan, c) Pengamatan, dan d) Refleksi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan non tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada: 1) RPP siklus I diperoleh rata-rata 83,33% (baik) dan siklus II diperoleh rata-rata 94,44% (sangat baik). 2) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 81,94% (baik) dan pada siklus II diperoleh rata-rata 97,22% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik diperoleh rata-rata 79,16% (cukup) dan siklus II diperoleh rata-rata 97,22% (sangat baik). 3) Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 77,27 (cukup) dan pada siklus II diperoleh rata-rata 87,90 (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Feb 2022 02:16
Last Modified: 11 Feb 2022 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36847

Actions (login required)

View Item View Item