Peran Guru dalam Mengenalkan Sains pada Anak Usia Dini

Hidayati, Wilma Rahma and Suryana, Dadan (2021) Peran Guru dalam Mengenalkan Sains pada Anak Usia Dini. Al Hikmah: Indonesia Journal of Early Childhood Islamic Education, 5 (1). pp. 73-78. ISSN Print: 2550-2200 - Online: 2550-1100

[img]
Preview
Text
DADAN_SURYANA_PERAN GURU DALAM MENGENALKAN SAINS.pdf

Download (439kB) | Preview
Official URL: https://journal.iaialhikmahtuban.ac.id/index.php/i...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidik dalam mengenalkan sains pada anak usia dini. Pendidik merupakan aspek terpenting dalam pendidikan disekolah. Namun kenyataan dilapangan masih banyak guru yang belum siap dalam merancang suatu kegiatan ya ng kreatif. Guru masih memiliki kesulitan dalam mengajarkan pembelajaran sains kepada anak. dan mencari kegiatan-kegiatan sains untuk anak. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang datanya berasal dari jurnal, artikel, buku-buku dari hasil membaca, mencatat dan menganalisa sesuai dengan permasalahan yang ada. Hasil dan pembahasan pada penelitian ini yaitu untuk melaksanakan proses pembelajaran maka dibutuhkan rancangan pembelajaran (RPPH) sesuai dengan perkembangan kognitif anak mengenai perkembangan sains, menentukan alat dan bahan yang akan digunakan. Pelaksanaannya juga disesauikan dengan perencanaan tersebut dan dilakukan sambil bermain dan belajar, serta melakukan penilaian dengan mengacu kepada STPPA. Kesimpulannya ialah Upaya guru dalam mengenalkan sains yaitu dapat dimulai dari rancangan pembelajaran, pelaksanaan, dan penilaian serta kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan yang menyenangkan dan dilakuakan sambil bermain.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 11 Feb 2022 00:38
Last Modified: 11 Feb 2022 00:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36837

Actions (login required)

View Item View Item