Pengembangan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika pada Anak

Rahmalia, Denny and Suryana, Dadan (2021) Pengembangan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika pada Anak. Jurnal Basicedu: Research dan Learning in Elemnetary Education, 5 (2). pp. 605-618. ISSN Print: 2580-3735 dan Cetak: 2580-1147

[img]
Preview
Text
DADAN_SURYANA_Pengembangan Media Papan Flanel.pdf

Download (356kB) | Preview
Official URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view...

Abstract

Logika matematika merupakan kecerdasan utama yang dapat meningkatkan kecerdasan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media papan Flanel untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika pada anak usia dini yang valid, praktis, dan efektif. Media Papan Flanel ini dapat menstimulasi anak kecerdasan logika matematika anak. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE. Hasil validitas valid dan hasil kelayakan media sangat layak digunakan, dengan rata-rata nilai rata-rata ahli materi dan media sebesar 0,93. Hasil uji kepraktisan Media Papan Flanel dinyatakan sangat praktis, dengan persentase rata-rata kepraktisan 88%. Hasil prosentase keefektifan 92% dan Media Papan Flanel dinyatakan sangat efektif. Pembelajaran logika matematika meliputi aspek menyebutkan lambang bilangan dan menghitung lambang bilangan memiliki nilai yang lebih tinggi. Namun untuk mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan 1120 masih butuh bimbingan karena anak masih berada pada semester 1 sehingga masih butuh waktu untuk dapat mengerjakannya dengan baik. Hasil pengembangan dari penelitian ini adalah produk yang dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 10 Feb 2022 08:42
Last Modified: 10 Feb 2022 08:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36834

Actions (login required)

View Item View Item