Pengaruh Kreasi Media Debog terhadap Kemampuan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun

Tika, Rahma and Suryana, Dadan (2022) Pengaruh Kreasi Media Debog terhadap Kemampuan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (3). pp. 1212-1220. ISSN Online: 2549-8959 - Print: 2356-1327

[img]
Preview
Text
DADAN_SURYANA_Pengaruh Kreasi Media Debog terhadap Kemampuan Kreativitas.pdf

Download (259kB) | Preview
Official URL: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view...

Abstract

Kreativitas merupakan kemampuan seseorang dalam menciptakan sesuatu hal yang baru yang terwujud dalam suatu gagasan atau karya nyata. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kreasi media debog terhadap kemampuan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain quasy eksperiment. Sampel terdiri dari kelompok B1 dan kelompok B4 masing-masingnya berjumlah 18 orang anak. Teknik pengumpulan data digunakan tes perbuatan, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan alat pengumpulan data digunakan lembaran pernyataan. Selanjutnya data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan hasil penelitian penggunaan media debog melalui berkreasi terbukti dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan kreativitas dan memperkuat daya imajinasi anak dalam menciptakan sesuatu yang baru serta dapat memotivasi dan menarik minat anak dalam belajar. Kemudian dapat menciptakan pelaksanaan pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan dalam mengembangkan kualitas pembelajaran di sekolah. Dengan demikian berkreasi menggunakan media debog memberi pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan kreativitas anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:59
Last Modified: 10 Feb 2022 07:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36824

Actions (login required)

View Item View Item