Penerapan Permainan Edukatif Puzzle untuk Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19

Natari, Ripa and Suryana, Dadan (2021) Penerapan Permainan Edukatif Puzzle untuk Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4 (2). pp. 245-252. ISSN Print: 2621-0339 dan Online: 2621-0770

[img]
Preview
Text
DADAN_SURYANA_Penerapan Permainan Edukatif Puzzle.pdf

Download (173kB) | Preview
Official URL: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGA...

Abstract

embelajaran yang dilaksanakan secara daring dikarenakan pandemic covid-19 telah berdampak bagi proses belajar di sekolah. Pembelajaran menjadi mengalami hambatan untuk melakukan pertemuan bersama anak-anak dan guru. Adanya hubungan yang baik antar orang tua dan guru akan sangat membantu proses pembelajaran dalam menerapkan permainan edukatif puzzle untuk mengembangkan aspek kognitif (pengetahuan anak). Metode penelitian menggunakan penelitian kepustakaan atau library research. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder dari berbagai macam literatur yang berhubungan dengan objek penelitian (buku-buku, jurnal, majalah, artikel, website). Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui cara penerapan permainan edukatif puzzle untuk mengembangkan aspek kognitif anak usia dini di masa pandemi covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan edukatif puzzle dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal dan menyebut lambang bilangan. Dengan batasan covid-19 ini proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan RPPH yang telah dirancang oleh guru, sistem pembelajaran dilaksanakan dengan cara daring seperti whatsapp, zoom dan youtube.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:49
Last Modified: 10 Feb 2022 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36819

Actions (login required)

View Item View Item