Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Tematik pada Siswa Sekolah Dasar

Illahi, Fitratul and Montessori, Maria and Suryana, Dadan (2020) Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Research dan Learning in Elemnetary Education, 4 (4). pp. 969-976. ISSN Print: 2580-3735 dan Cetak: 2580-1147

[img]
Preview
Text
DADAN_SURYANA_Pendekatan Problem Based Learning.pdf

Download (304kB) | Preview
Official URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view...

Abstract

Tujuan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan bentuk Nonequivalent Control group Design yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan Problem Based Learning (PBL) dan peserta didik yang diberikan metode konvensional. Populasinya adalah Sekolah Dasar Negeri 13 Kapalo Koto Kota Padang dan sampelnya adalah peserta didik kelas IVA dan IVB sebanyak 57 orang. Pada penelitian ini kelompok eksperimen dan kontrol tidak dipilih secara random karena sampelnya ditentukan dengan teknik purposive sample. Instrumen penelitian terdiri dari (1) instrumen penilaian aspek kognitif, (2) instrumen penilaian aspek afektif, dan (3) lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisa data yaitu (1) analisis aktivitas siswa (2) analisis hasil belajar dengan langkah-langkah uji normalitas, uji homogenitas variansi, dan uji hipotesis. Data penelitian diperoleh tes hasil belajar, hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diberi pendekatan Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional dengan thitung = 1.836 < ftabel 1.898. Kata kunci: hasil belajar, problem based learning, pembelajaran tematik

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:33
Last Modified: 10 Feb 2022 07:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36816

Actions (login required)

View Item View Item