Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita

Andriana. FA, Afrina and Ogemi, Penia Lisa and Suryana, Dadan (2021) Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (3). pp. 9554-9559. ISSN Print: 614-6754 - online: 2614-3097

[img]
Preview
Text
DADAN_SURYANA_Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini.pdf

Download (103kB) | Preview
Official URL: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/252...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki anak dalam berbahasa dengan menggunakan metode bercerita. Penelitian ini berawal dari banyaknya anak yang masih belum bisa berbahasa dengan baik dan benar. Karena belum efektifnya cara yang digunakan dalam pembelajaran bahasa pada anak, menyebabkan anak menjadi kurang tertarik dalam mengambangkan bahasa yang dimilliki. Pendidik dapat menerapkan cara yang efektif dengan pola belajar anak, karena setiap anak memiliki kebutuhan dan pola belajar efektifnya masing-masing. Pada penelitian ini menggunakan studi literatur dimana teknik pengambilan data dengan menelaah beberapa buku-buku, artikel dan jurnal. Hasil penelitian ini yaitu penggunaan cerita dalam mengembangkan bahasa pada anak, dengan metode bercerita mampu meningktkan perkembangan linguistik pada anak dan anak tidak hanya gembira saat mendengarkan namun juga mampu bercerita. Hal ini dibuktikan dengan analisis hasil-hasil penelitian yang relevan dengan metode bercerita sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak usia dini.

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 10 Feb 2022 07:00
Last Modified: 10 Feb 2022 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36810

Actions (login required)

View Item View Item