Suryana, Dadan and Nurhayani, Nurhayani (2022) Efektivitas Teknik Presentasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (3). pp. 1393-1407. ISSN Print: 2356-1327 - Online: 2549-8959
|
Text
DADAN_SURYANA_Efektivitas Teknik Presentasi dalam Meningkatkan OK.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Salah satu teknik pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara adalah teknik presentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan berbicara anak usia 7-8 tahun di Kuttab 3 Al Huffazh Payakumbuh melalui teknik presentasi. Sampel berjumlah 24 anak yang dipilih dengan teknik sampel bertujuan. Penelitian ini adalah PTK, terdiri dari 2 siklus dengan 2 kali pertemuan setiap siklus. Instrumen penelitian adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan perhitungan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar dari Arikunto. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berbicara anak dari kondisi awal ke siklus 2. Nilai rata-rata siswa pada kondisi awal adalah 48,15 dengan persentase ketuntasan belajar 33%. Pada siklus 1 adalah 67,82 dengan persentase 50%. Sedangkan pada siklus 2 adalah 80,32 dengan persentase 79%. Peningkatan kemampuan berbicara anak dari kondisi awal ke siklus 1 yaitu 17%, dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 29%. Kesimpulannya, teknik presentasi dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1 |
Depositing User: | Mrs. Wiwi Sartika |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 06:43 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 06:43 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36806 |
Actions (login required)
View Item |