Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini

Misrawati, Misrawati and Suryana, Dadan (2022) Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (1). pp. 298-306. ISSN Print: 2356-1327 - Online: 2549-8959

[img]
Preview
Text
DADAN_SURYANA_Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik.pdf

Download (240kB) | Preview
Official URL: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view...

Abstract

Bahan ajar merupakan bahan-bahan atau materi pembelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Bahan ajar yang digunakan yaitu bahan ajar berupa buku paket yang peneliti gunakan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh bahan ajar matematika terhadap kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru di Taman Kanak-kanak Pertiwi Kabupaten Solok. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan aplikasi SPSS 22. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket yang sudah divalidasi oleh dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika berpengaruh secara langsung terhadap kemampuan matematika anak. Hal ini terlihat bahwa pada saat melakukan tanya jawab seputar matematika, anak terlihat aktif dalam menjawab berbagai pertanyaan yang dilakukan oleh guru. Selain itu, pada saat diskusi di dalam kelas terlihat anak-anak sangat antusias saat belajar menggunakan bahan ajar matematika

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 10 Feb 2022 06:17
Last Modified: 10 Feb 2022 06:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36801

Actions (login required)

View Item View Item