Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 24 Biaro Kabupaten Agam.

Primalia, Dian (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 24 Biaro Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DIAN_PRIMALIA_17129203_2593_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru. Hal ini terlihat pada pelaksanaan pembelajaran yang masih berpusat pada guru, guru belum menghadapkan peserta didik pada permasalahan nyata, dan belum maksimal dalam memberikan arahan dan bimbingan kepada peserta didik untuk bekerja dalam kelompok untuk memecahkan masalah, sehingga hasil belajar peserta didik rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 24 Biaro Kabupaten Agam dengan jumlah peserta didik 20 orang, yang terdiri dari 7 orang peserta didik laki-laki dan 13 orang peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : 1) RPP siklus I dengan rata-rata persentase 83,33% (baik) dan siklus II dengan rata-rata 94,44% (sangat baik), 2) pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari aktivitas guru dimana siklus I dengan rata-rata 82,14% (baik) dan siklus II dengan rata-rata 92,86% (sangat baik), serta aktivitas peserta didik dimana siklus I dengan rata-rata 80,36% (baik), dan siklus II dengan rata-rata 92,86 %. 3) Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 74,75 (cukup), dan siklus II menjadi 85,79 (baik). Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 24 Biaro Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL PROBLEM BASED LEARNING, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Feb 2022 06:51
Last Modified: 10 Feb 2022 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36798

Actions (login required)

View Item View Item