Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualized (TAI) pada Siswa Kelas IV SDN 06 Padang Birik-Birik Kota Pariaman.

Sari, Dewita Purnama (2021) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualized (TAI) pada Siswa Kelas IV SDN 06 Padang Birik-Birik Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DEWITA_PURNAMA_SARI_17129202_2598_2021.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar. Hal ini dikarenakan guru belum mampu mengembangkan kemampuan individual peserta didik saat berdiskusi dengan teman sekelompoknya. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan penggunaan model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualized untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas IV yang berjumlah 17 orang pada semester Januari-Juni tahun ajaran 2020/2021. Sumber data penelitian adalah RPP dan hasil belajar peserta didik tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualized di kelas IV SDN 06 Padang Birik-Birik Kota Pariaman dengan teknik yang digunakan berupa dokumen analisis, observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dari siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I persentase ketuntasan 88,88% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 97,22% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, persentase untuk pengamatan aktiviatas guru pada siklus I adalah 86,25% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 97,5% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan akitivitas peserta didik pada siklus I, persentase 86,25% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 97,5% pada siklus II. Hasil belajar tematik terpadu pada penelitian ini untuk siklus I diperoleh nilai rata-rata 78,02, lalu meningkat disiklus II menjadi 92,17. Dengan demikian, berdasarkan data penelitian yang didapat dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualized dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada tema 8 di kelas IV SDN 06 Padang Birik-Birik Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL COOPERATIVE LEARNING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Feb 2022 06:51
Last Modified: 10 Feb 2022 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36797

Actions (login required)

View Item View Item