Pengembangan Media Video Story Line Berbasis Kronologis dalam Pembelajaran Sejarah Indoneisa

Fitri, Ayu (2021) Pengembangan Media Video Story Line Berbasis Kronologis dalam Pembelajaran Sejarah Indoneisa. Skripsi thesis, Univesitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_AYU_FITRI_16046106_4538_2021.pdf

Download (756kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya keterampilan guru dalam menggunakan media dan tidak adanya media yang khusus menekankan pada pemahaman kronologis sehingga siswa kesulitan dalam menghubungkan materi peristiwa sejarah. Maka dari itu perlu dikembangkan media pembelajaran untuk membantu siswa dalam menghubungkan suatu peristiwa sejarah yaitu dengan media video story line. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran sejarah dan juga untuk mengetahui kelayakan penggunaan media video story line peristiwa sejarah Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research amd development) dengan model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap pengembangan, yaitu yaitu analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Dalam penelitian ini, model pengembangan ADDIE direduksi menjadi ADD, artinya penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (development) adapun tahap pertama analisis (analysis) melalui dua tahap yaitu analisis kebutuhan melalui observasi untuk mengetahui kebutuhan permasalahan dan pembelajaran terutama dalam penggunaan media dan analisis kerikulum dari hasil obsevasi melakukan analisis KI dan KD untuk menetapkan materi. perencanaan (design) tahap ini setelah melakukan analisis selanjutnya tahap merancang suatu produk, perancanggan media video storyline. pengembangan (development) tahap ini uji validitas suatu produk untuk mengetahui kelayakan media tujuan mendapat media yang layak untuk pembelajaran sejarah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: Hasil penilaian uji kelayakan dari Ahli Materi dan Ahli media menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media video storyline berdasarkan validasi ahli materi dengan rata-rata 3,71, validasi ahli media dengan rata-rata 3,84 dan validasi oleh guru dengan rata-rata 3,77 dan 3,81 berdasarkan hasil validasi para ahli dan guru dapat disimpulkan bahwa media video storyline sangat layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 10 Feb 2022 06:49
Last Modified: 10 Feb 2022 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36792

Actions (login required)

View Item View Item