Peningkatan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok Menggunakan Satuan Volume dan Kubus Satuan serta Hubungan Pangkat Tiga dan Akar Pangkat Tiga dengan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 12 Padang Besi Kota Padang.

Davita, Azalia Bena (2021) Peningkatan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok Menggunakan Satuan Volume dan Kubus Satuan serta Hubungan Pangkat Tiga dan Akar Pangkat Tiga dengan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 12 Padang Besi Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_AZALIA_BENA_DAVITA_17129301_2354_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar volume bangun ruang kubus dan balok menggunakan satuan volume dan kubus satuan serta hubungan pangkat tiga dan akar pangkat tiga di Kelas V SDN 12 Padang Besi Kota Padang. Perencanaan pembelajaran yang dirancang belum maksimal, pada pelaksanaannya guru belum maksimal menggunakan model - model pembelajaran yang inovatif dan pembelajaran belum berbasis pada masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar volume bangun ruang kubus dan balok menggunakan satuan volume dan kubus satuan serta hubungan pangkat tiga dan akar pangkat tiga dengan model Problem Based Learning di Kelas V SDN 12 Padang Besi Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian adalah perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non tes. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas V sebanyak 26 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I memperoleh rata-rata 85,94% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pelaksanaan siklus I pada aspek guru memperoleh rata-rata 85,71% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 96,42% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pelaksanaan siklus I pada aspek siswa memperoleh rata-rata 82,14% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pada hasil belajar siklus I memperoleh ratarata 73,94 dengan kualifikasi cukup (C), meningkat pada siklus II menjadi 85,34 dengan kualifikasi baik (B). Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar volume bangun ruang kubus dan balok menggunakan satuan volume dan kubus satuan serta hubungan pangkat tiga dan akar pangkat tiga di Kelas V SDN 12 Padang Besi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL PROBLEM BASED LEARNING, PENILAIAN PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:10
Last Modified: 10 Feb 2022 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36787

Actions (login required)

View Item View Item