Perkembangan Pabrik Air Mineral PT Tirta Investama Dan Dampak Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Kecamatan Gunung Talang Kayu Aro Kabupaten Solok Tahun 2013-2019

Friska, Adinda Mulia (2021) Perkembangan Pabrik Air Mineral PT Tirta Investama Dan Dampak Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Kecamatan Gunung Talang Kayu Aro Kabupaten Solok Tahun 2013-2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_2_ADINDA_MULIA_FRISKA_16046100_9_2021.docx

Download (11kB)

Abstract

Skripsi ini penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Perkembangan Pabrik Air Mineral PT Tirta Investama Dan Dampak Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Kecamatan Gunung Talang Kayu Aro Kabupaten Solok Tahun 2013-2019. Air kemasan mineral (aqua) didirikan pada tanggal 20 Juni 2013, air mineral aqua di namakan PT Tirta Investama di karenakan air mineral kemasan berasal dari air penggunungan, di didirikan Perusahaan Swasta Kabupaten Solok, mau mendirikan sebuah pabrik yang besar yaitu air mineral, soalnya masyarakat di kabupaten solok pekerjaan banyak yang perkebunan dan pertanian, dan Perusahan Swasta mendirikan pabrik untuk masyarakat Kabupaten Solok bisa bekerja dan dapat pekerjaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang di bagi dalam 4 tahap, Pertama, Tahap heuristic yaitu mencari dan mengumpulkan data, Kedua tahap kritik sumber, terbagi menjadi dua yaitu kritik sumber, terbagi menjadi dua yaitu kritik ekstem untuk menemukan keabsahan sumber yang diteliti.KetiRa intepretasi atau analisis data dengan merangkum semua data sehingga diperoleh gambaran berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini. Keempat tahap historiografi, yaitu penulisan laporan penelitian ke dalam tulisan ilmiah yaitu skripsi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perkembangan Pabrik Air Mineral PT Tirta Investama Dan Dampak Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Kecamatan Gunung Talang Kayu Aro Kabupaten Solok Tahun 2013-2019 dan merupakan pabrik ke-17 di seluruh Indonesia. Area distribusi PT Tirta Investama di Solok meliputi empat provinsi yaitu Riau, Jambi, Bengkulu dan Sumbar sendiri. Kehadiran AQUA di Solok tentunya akan memberikan dampak positif kepada masyarakat Solok khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya. Kedua, dengan adanya pabrik Aqua di Solok sangat berdampak terhadap kehidupan sosial maupun perekonomian masyarakat disekita daerah tersebut. Dimulai dari proses konstruksi hingga pengoperasian pabrik Aqua di Solok telah membuka peluang penyerapan tenaga kerja. pabrik Aqua di Kabupaten Solok ini hanya akan memproduksi satu jenis ukuran air mineral dalam kemasan saja yaitu produksi kemasan galon. Karena keterbatasan area distribusi tersebut pabrik Aqua Solok barn memiliki dua line produksi yaitu untuk galon dan botol kemasan 650 ml. Sementara untuk kemasan gelas 200 ml dan botol 1,5 liter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 10 Feb 2022 02:25
Last Modified: 10 Feb 2022 02:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36786

Actions (login required)

View Item View Item