Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas V SDN 07 Enam Lingkung Padang Pariaman.

Permatasari, Audina Putri (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas V SDN 07 Enam Lingkung Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_AUDINA_PUTRI_PERMATASARI_17129194_2548_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum terlaksananya secara optimal proses pembelajaran tematik terpadu, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SDN 07 Enam Lingkung Padang Pariaman. Hal ini terlihat dari guru yang masih mendominasi saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan tidak memiliki keberanian dalam mengemukakan ide atau pendapatnya serta kurang bekerjasama antar anggota kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini memiliki empat tahapan yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaanya dalam dua siklus yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan Siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Dalam penelitian ini subjeknya adalah guru dan siswa yang berjumlah 19 orang. Hasil penelitian terlihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajarn di siklus I diperoleh rata-rata 76.62% cukup baik (C), meningkat pada siklus II diperoleh 88% baik (B). Pelaksaanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 73.35% cukup baik (C), meningkat pada siklus II 87.5% baik (B). Aspek siswa siklus 1 73.35% cukup baik (C) meningkat pada siklus II 88 % baik (B). Pada rata-rata hasil belajar siswa siklus 1 diperoleh rata-rata 73.9 cukup baik (C), meningkat pada siklus II 86.87 baik (B) pada siklus II. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkat hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di SDN 07 Enam Lingkung Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL KOOPERATIF TIPE, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Feb 2022 02:25
Last Modified: 10 Feb 2022 02:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36784

Actions (login required)

View Item View Item