Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukitinggi.

Laras, Alwasi Dinda (2021) Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukitinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ALWASI_DINDA_LARAS_17129006_2353_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian pada pembelajaran keliling dan luas bangun datar di kelas IV ini dilatar belakangi oleh pembelajaran matematika yang kurang terlaksana dengan baik, pada pelaksanaannya guru bekum menggunakan model pembelajaran, dan kurang memupuk kemampuan memecahkan masalah kepada peserta didik. Akibatnya peserta didik kurang mampu menyelesaikan pemecahan masalah yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar keliling dan luas bangun datar dengan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV sebanyak 24 orang. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan siklus I pertemuan 1 pada RPP rata-rata 80,55% (baik), meningkat pada siklus I Pertemuan 2 menjadi 86,11% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pertemuan I pada aktivitas guru rata-rata 78,13% (cukup), meningkat pada siklus I pertemuan II menjadi 84,38% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pertemuan 1 pada aktivitas peserta didik ratarata 78,13% (cukup), meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 81,25% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (sangat baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I pertemuan 1 rata-rata 62,86 (C+), meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 69,32 (B-), meningkat pada siklus II menjadi 77,92 (B+). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar keliling dan luas bangun datar di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL DISCOVERY LEARNING, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Feb 2022 08:12
Last Modified: 09 Feb 2022 08:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36778

Actions (login required)

View Item View Item