Pengaruh Penggunaan Metode Advance organizer terhadap Hasil Belajar Seni Tari Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Muko-muko Provinsi Bengkulu

Ilahi, Yenita Kurnia (2021) Pengaruh Penggunaan Metode Advance organizer terhadap Hasil Belajar Seni Tari Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Muko-muko Provinsi Bengkulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_YENITA_KURNIA_ILAHI_17023207_4743_2021.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan metode advance organizer terhadap hasil belajar seni tari, dengan cara menganalisis perbedaan hasil belajar setelah diterapkannya metode Advance Organizer dalam pembelajaran seni budaya di Kelas VIII SMP Negeri 3 Mukomuko. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Muko-muko berjumlah 147 siswa. Pemilihan sampel dilakukan di kelas VIII-A saja, dengan membagi siswa menjadi grup eksperimen dan grup kontrol. Dari dua sampel penelitian tersebut, 18 siswa kelas VIII-A absen ganjil menjadi grup eksperimen, dan 18 siswa kelas VIII-A absen genap menjadi grup kontrol. Untuk menentukan hipotesis penelitian mana yang di terima dan di tolak dilakukan pengujian hipotesis, setelah rerata kelas diuji dengan uji-t pada taraf signifikasi 95% memakai program excel, ditemukan nilai t-hitung = 3, 67 lebih besar dari t-tabel = 1,68957. Hasil pengujian ini membuktikan bahwa hipotesis kerja (H1) di terima dan hipotesis nihilnya (H0) di tolak. Hasil penelitian ini menemukan bahwa belajar tari dengan menggunakan metode advance organizer berpengaruh terhadap tingginya hasil belajar siswa dibandingkan dengan siswa yang belajar tari dengan metode konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SENI TARI
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Feb 2022 08:11
Last Modified: 09 Feb 2022 08:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36775

Actions (login required)

View Item View Item