Bentuk Penyajian Tari Pisau Dua pada Acara Bimbang Adat di Desa Sendawar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu

Triagnesti, Syinta (2021) Bentuk Penyajian Tari Pisau Dua pada Acara Bimbang Adat di Desa Sendawar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SYINTA_TRIAGNESTI_17023039_3043_2021.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai Bentuk Penyajian Tari Pisau Dua pada Acara Bimbang Adat (Pernikahan) di Desa Sendawar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu.Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis.Objek penelitian mengenai Bentuk Penyajian Tari Pisau Dua pada Acara Bimbang Adat (Pernikahan) di Desa Sendawar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder.Instrumen utama yang digunakan adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis, kamera foto dan handy cam. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mengumpulkan data, menganalisis data, memilih data yang sesuai dengan Bentuk Penyajian Tari Pisau Dua lalu mendeskripsikan data yang sesuai dengan masalah-masalah yang dibahas. Hasil penelitian bahwa Tari Pisau Dua ditampilkan pada acara Bimbang Adat (pernikahan) di Desa Sendawar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu merupakan salah satu tari tradisional dengan bentuk penyajian simbolis representasional dan berfungsi sebagai sarana upacara dan hiburan. Tari Pisau Dua terdiri dari 6 ragam gerak, penari 2 orang semuanya laki-laki, musik (serunai dan redap), rias dan kostum (tidak memakai make-up) kostum (kemeja, celana dasar, peci/tutup kepala dan kain setengah tiang), properti tari (2 pasang pisau cabang dua) dan tempat pertunjukan/pementasan (di depan pelaminan) waktu pertunjukan pada siang hari pukul 11.30 WIB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ACARA BIMBANG ADAT
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Feb 2022 07:08
Last Modified: 09 Feb 2022 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36756

Actions (login required)

View Item View Item