Korelasi Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA N 1 Gunung Talang

Nurrahmi, Septia (2021) Korelasi Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA N 1 Gunung Talang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SEPTIA_NURRAHMI_17016121_4146_2021.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

ujuan dari penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA N 1 Gunung Talang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA N 1 Gunung Talang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi kemampuan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA N 1 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Gunung Talang yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 392 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 55 siswa (15% dari total populasi di setiap kelas). Teknik pengambilan sampel yang diterapkan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Variabel dari penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi dan keterampilan menulis teks eksposisi. Instrumen data dalam penelitian ini adalah tes, yaitu tes objektif berisi pernyataan terhadap kemampuan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA N 1 Gunung Talang berdasarkan rata-rata hitung dari ketiga indikator sebesar 78,73 dengan kualifikasi baik (B) karena berada pada rentangan 76-85% pada skala 10. Kedua, nilai rata-rata keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA N 1 Gunung Talang berdasarkan rata-rata hitung dari ketiga indikator sebesar 81,44 dengan kualifikasi baik (B) karena berada pada rentangan 76-85% pada skala 10. Ketiga, terdapat korelasi kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA N 1 Gunung Talang dengan derajat kebebasan n-1 pada taraf kepercayaan 95%. Nilai thitung (5,80) lebih besar dari pada ttabel (1,58). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel (5,80>1,58). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahawa kemampuan membaca pemahaman berkorelasi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa, semakin baik kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa maka akan semakin baik juga keterampilan siswa dalam menulis teks eskposis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MENULIS
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Feb 2022 07:07
Last Modified: 09 Feb 2022 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36752

Actions (login required)

View Item View Item