Hubungan Persepsi Peserta Didik dengan Motivasi Mengikuti Program Ekstrakurikuler Rohani Islam di SMA Negeri 7 Padang.

Yulianti, Ema (2021) Hubungan Persepsi Peserta Didik dengan Motivasi Mengikuti Program Ekstrakurikuler Rohani Islam di SMA Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_EMA_YULIANTI_16005057_302_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi peserta didik dalam mengikuti program ekstrakurikuler Rohani Islam di SMA Negeri 7 Padang yang diduga ada hubungannya dengan persepsi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menggambarkan persepsi peserta didik, 2) menggambarkan motivasi peserta didik, 3) melihat hubungan persepsi peserta didik dengan motivasi mengikuti program ekstrakurikuler Rohani Islam di SMA Negeri 7 Padang. Penelitian ini bersifat korelasi, yaitu melihat hubungan persepsi peserta didik dengan motivasi peserta didik. Populasi penelitian ialah peserta didik yang mengikuti program ekstrakurikuler Rohani Islam di SMA Negeri 7 Padang. Jumlah populasi sebanyak 90 peserta didik dengan sampelnya sebanyak 46 peserta didik yang diambil 50 % dari populasi. Instrument penelitian yang dimanfaatkan untuk pengumpulan data tentang persepsi peserta didik dan motivasi peserta didik adalah angket dengan mengunakan skala likert dengan 4 alternatif jawaban: selalu, sering, jarang, tidak pernah. Untuk mengukur hasil data penelitian dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya peserta didik memiliki motivasi dan persepsi yang rendah dalam mengikuti program kegiatan ekstrakurikuler, serta terdapat hubungan signifikan antara persepsi peserta didik dengan motivasi mengikuti program ekstrakurikuler Rohani Islam di SMA Negeri 7 Padang. Dibuktikan dengan adanya hasil perhitungan korelasi menggunakan analisis statistik product moment yang menunjukkan bahwa r hitung (0,609) lebih besar dari r tabel baik pada taraf kepercayaan 5 % (0,291) maupun taraf kepercayaan 1 % (0,376). Saran penelitian ini adalah diharapkan kepada pembina ekstrakurikuler Rohani Islam meningkatkan pelaksanaan program kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam dengan cara membuat strategi pembelajaran yang menarik dalam memberikan ilmu keislaman yang akan meningkatkan persepsi positif peserta didik sehingga motivasi peserta didik dalam mengikuti program Ekstrakurikuler Rohani Islam dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PESERTA DIDIK, MOTIVASI, EKSTRAKURIKULER
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Feb 2022 01:36
Last Modified: 09 Feb 2022 01:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36741

Actions (login required)

View Item View Item