Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII SMP.

Fitri, Riska (2021) Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RISKA_FITRI _16004128_1254_2021.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Pengembangan bahan ajar E-LKPD merupakan upaya untuk membantu guru dalam mengajar serta dapat dijadikan sebagai sumber belajar mandiri bagi peserta didik yang sesuai dengan kelayakkan materi dan media. Guru dalam proses belajar mengajar belum pernah menggunakan bahan ajar E-LKPD. Maka dari itu, dibuat suatu bahan ajar dalam bentuk E-LKPD berbasis multimedia yang menarik serta dapat meningkatkan minat belajar mandiri peserta didik. Tujuan dibuatnya bahan ajar E-LKPD ini agar produk yang dihasilkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research & Development (R&D). Sedangkan model yang digunakan yaitu model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry, dengan 5 tahapan yaitu (1) Analyze (analisis), (2) Design (desain), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementations (penerapan), (5) Evaluation (Evaluasi). Uji Validitas dilakukan dengan melibatkan 3 orang validator, dimana 1 orang untuk validator materi dan 2 orang untuk validator media. Uji pratikalitas dilakukan dengan melibatkan 15 orang siswa kelas VII di SMP Negeri 27 Padang, untuk melihat kepraktisan dan kemudahan dalam menggunakan E-LKPD yang telah dibuat. Berdasarkan penilaian kelayakan dari hasil uji validasai oleh 1 orang validator materi dikategorikan “sangat valid” dengan jumlah penilaian 76 yang memiliki rata-rata 4,75. Sedangkan hasil validasi yang diperoleh dari dua orang validator media, keduanya menyatakan “sangat valid” yaitu validator 1 memperoleh jumlah nilai 80 dengan rata-rata 5 dan validator media 2 memperoleh jumlah nilai 74 dengan rata-rata 4,6. Hasil uji pratikalitas dari 15 responden dikategori “sangat praktis” dengan rata-rata 4,79 yang presentasekan 9,58 %. Berdasarkan uji validatas materi dan media serta pratikalitas yang telah diuraikan di atas memperoleh gambaran bahwa bahan ajar E-LKPD layak digunakan dalam membantu kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas VII SMP semester 1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR, ILMU PENGETAHUAN ALAM, E- LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Feb 2022 08:08
Last Modified: 08 Feb 2022 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36733

Actions (login required)

View Item View Item