Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Biologi kelas X SMA.

Herman, Fajar Alfaridho (2021) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Biologi kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_FAJAR_ALFARIDHO_HERMAN_14004062_1207_2021.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran memiliki peran yang penting untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Ketepatan dalam menggunakan media pembelajaran akan berdampak pada hasil pembelajaran yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Multimedia Interaktif yang sesuai dan layak, dan menghasilkan Multimedia Interaktif yang valid dan praktis menggunakan aplikasi Articulate Storyline pada mata pelajaran Biologi kelas X SMA. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini mencakup 2 aspek penilaian yaitu validitas dan praktikalitas. Pada tahap validitas meliputi 3 validator yaitu 2 orang ahli media dan 1 ahli materi, selanjutnya pada tahap praktikalitas di lakukan pada 10 orang siswa SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Untuk menguji kepraktisan media ini menggunakan aplikasi Articulate Storyline. Hasil penilaian kelayakan oleh validator media dan guru mata pelajaran pada Multimedia Interaktif ini di dapatkan hasil deskripsi data penilaian oleh validator materi “Sangat Valid” untuk digunakan dengan rata-rata 4,62 dan validasi media di kategorikan “Sangat Valid” dengan rata-rata 4,58 dan 4,79. Berdasarkan uji coba praktikalitas multimedia interaktif dengan rata-rata nilai 4,52 dan berada pada kategori “Sangat Praktis” untuk digunakan. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif ini telah valid, dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN INTERAKTIF, MULTIMEDIA INTERAKTIF, TEKNOLOGI APLIKASI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Feb 2022 07:45
Last Modified: 08 Feb 2022 07:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36724

Actions (login required)

View Item View Item