Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Snack Bouquet Bagi Anak Tunarungu Kelas XI SMALB Di SLB Peduli Anak Bangsa Payakumbuh.

Novita, Widia (2021) Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Snack Bouquet Bagi Anak Tunarungu Kelas XI SMALB Di SLB Peduli Anak Bangsa Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_WIDIA_NOVITA_16003187_601_2021.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB Peduli Anak Bangsa Payakumbuh kelas XI pada anak tunarungu yang terdiri dari 5 siswa dari satu kelas dimana anak tersebut sudah diajarkan beberapa keterampilan vokasional tetapi keterampilan vokasional membuat snack bouquet belum pernah diajarkan. Untuk mengatasi hal tersebut, tujuan penelitian ini untuk membuktikan efektivitas metode demonstrasi dalam maningkatkan keterampilan vokasional membuat snack bouquet kelas XI di SLB Peduli Anak Bangsa Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan metode eksperiment dalam bentuk PreEksperiment dengan jeis design one group pretest-postest design. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan awal untuk mengetahui nilai anak sebelum diberikan perlakuan (pretest), tahapan kedua yaitu pemberian perlakukan (treatment) dalam meningkatkan keterampilan membuat snack bouquet dengan menggunakan metode demonstrasi, selanjutnya tahap ketiga yaituy tes terakhir untuk mengetahui seberapa jauh akibat dari perlakuan yang sudah diberikan (posttest). Nilai dari pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan menggunakan uji Wilcoxon untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil proses kerja dari lima siswa dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat snack bouquet setelah diolah serta dibandingkan menggunakan data yang diolah dengan uji Wilcoxon Sign Rank Test nilai yang dihasilkan 2,041 dengan probabilitas dan Asymp sign. (2-tailed) = 0.041, dari uji analisis yang ditetapkan yaitu α = 0.05 sehingga probabilitas yang didapatkan 0.041<0.05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima sehingga metode demonstrasi efektif untuk keterampilan vokasional membuat snack bouquet bagi anak tunarungu kelas XI di SLB Peduli Anak Bangsa Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TUNARUNGU, METODE DEMONSTRASI, KETERAMPILAN VOKASIONAL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Feb 2022 02:08
Last Modified: 08 Feb 2022 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36717

Actions (login required)

View Item View Item