Pelaksanaan Pembelajaran Matematika melalui Blended Learning pada Anak Tunagrahita sedang Selama Masa Pandemi Covid-19 di Kelas X SLB Negeri Pelalawan Provinsi Riau.

Arshani, Viena (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Matematika melalui Blended Learning pada Anak Tunagrahita sedang Selama Masa Pandemi Covid-19 di Kelas X SLB Negeri Pelalawan Provinsi Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_VIENA_ARSHANI_17003040_1910_2021.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan permasalahan pada sekolah luar biasa, yang menerapkan sistem pembelajaran blended learning pada pembelajaran matematika, selama masa pandemi covid-19 di kelas X SLB Negeri Pelalawan Provinsi Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran matematika melalui blended learning pada anak tunagrahita sedang selama masa pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan responden utama guru kelas X dan responden pendukung orangtua dan siswa tunagrahita sedang (X). Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Kemudian dianalisis, disajikan dan menarik kesimpulan dari data-data tersebut. Hasil akhir dari penelitian ini memperlihatkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran matematika dengan blended learning, guru kelas memberikan materi pelajaran sesuai kondisi dan kemampuan siswa menggunakan aplikasi grup whatsapp berupa foto atau video pembelajaran dan menggunakan metode demonstrasi, metode ceramah dan pendekatan individual serta pemberian tugas, media yang digunakan guru sangat unik karena terbuat dari bahan kayu dan menarik perhatian untuk menggunakannya. Pelaksanaan pembelajaran secara luring kurang lebih selama tiga bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, ANAK TUNAGRAHITA, PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
R Medicine and Food > Medicine General
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Feb 2022 02:08
Last Modified: 08 Feb 2022 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36715

Actions (login required)

View Item View Item