Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Autis pada Masa COVID – 19 di SDN 09 Koto Luar Penyelenggara Pendidikan Inklusif (Deskriptif Kualitatif).

Kurnia, Ummul Afifah (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Autis pada Masa COVID – 19 di SDN 09 Koto Luar Penyelenggara Pendidikan Inklusif (Deskriptif Kualitatif). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_UMMUL_AFIFAH_KURNIA_16003181_759_2021.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi daribelum terbiasanya guru dan siswa autis dalam pelaksanaan pembelajaran daring untuk pelajaran pendidikan agama islam yang dilaksanaan pada masa pandemi COVID-19 di SDN 09 Koto Luar penyelenggara pendidikan inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran daring pendidikan agama islam bagi anak Autis dikelas tinggi pada masa COVID – 19 Di SDN 09 Koto Luar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, subjek penelitian yaitu guru pendidikan agama islam, orang tua anak autis, dan anak autis (X). Tujuan utama penelitian ini menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subjek yang diteliti secara tepat tentang proses pelaksanaan pembelajaran daring pendidikan agama islam bagi anak Autis dikelas tinggi pada masa COVID – 19 Di SDN 09 Koto Luar . Data yang diperoleh dan dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang didapatkan kemudian dianalisis dan disajikan dengan menarik kesimpulan mengenai data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian ini tentang proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam secara daring pada masa COVID-19 yang dilakukandengan menggunakan metode pemberian tugas melalui aplikasi online yaitu whatsapp dengan memberikan materi berupa foto materi, voice note dan video yang dikirimkan. Evaluasi kegiatan yang dilakukan guru yaitu seperti memberikan tugas mingguan dan melaksanakan ulangan harian berupa soal-soal. Selanjutnya permasalahan dan kedala utama yang dialami guru,orang tua dan anak autis yaitu kesulitan pemahaman anak autis yang masih pada tingkat SD tentang pelajaran yang diberikan secara daring yang mana biasanya anak autis perlu melaksanakan pembelajaran secara langsung dan secara intensif untuk memahami pelajarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ANAK AUTIS, COVID-19, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
R Medicine and Food > Medicine General
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:04
Last Modified: 07 Feb 2022 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36713

Actions (login required)

View Item View Item