Efektivitas Metode Explore Ask Read Tell Harvest (EARTH) untruk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman bagi Anak Berkesulitan Belajar (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN 024.XI Dusun Baru).

Ardini, Noli (2021) Efektivitas Metode Explore Ask Read Tell Harvest (EARTH) untruk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman bagi Anak Berkesulitan Belajar (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN 024.XI Dusun Baru). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_NOLI_ARDINI_16003033_560_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalah yang ditemukan di Kelas IV SDN 024/XI Dusun Baru pada siswa berkesulitan belajar. Didalam kelas IV terdapat beberapa orang siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami isi dari suatu teks bacaan. Selama ini guru hanya menggunakan metode demontrasi saja pada saat pembelajaran berlangsung dan latihan yang tidak berkelanjutan. Seperti yang kita ketahui bahwa memahami isi dari suatu teks bacaan ini sangatlah penting, dengan tujuan agar kita dapat menemukan informasi, menemukan rincian-rincian dan fakta-fakta serta dapat menambah wawasan dan pengetahuan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektif penggunaan metode Explore Ask Read Tell Harvest (EARTH) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bagi siswa berekesulitan belajar kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi antara guru kelas sebagai pengamat dan peneliti sebagai pelaksana. Penelitian ini menggunakan metode EARTH untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bagi anak berkesulitan belajar kelas IV. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu, Perencanaan, Tindakan, Observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini dapat digambarkan melalui narasi ataupun dalam bentuk grafik yang menggambarkan peningkatan terhadap pemahaman dalam membaca. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan awal siswa adalah R 35%, F 28% dan Z 20%. setelah dilaksanakan siklus I memperoleh hasil R 52%, F 39% dan Z 35% dan pada siklus dua memperoleh hasil R70%, F 65% dan Z 66%. hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode EARTH dapat meningkatkan kemampuan dalam memahami isi dari suatu teks bacaan pada siswa berkesulitan belajar kelas IV SDN 024/XI Dusun Baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MEMBACA, KESULITAN BELAJAR, METODE BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:04
Last Modified: 07 Feb 2022 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36712

Actions (login required)

View Item View Item